SELAMATAN DESA BEJI ANTUSIAS WARGA DALAM TRADISI




Bulan Selo Hari Senin Legi, adalah hari yang diyakini warga Desa Beji sebagai hari lahirnya Desa Beji. Tidak heran setiap tahunnya selalu diperingati dengan ritual khusus di Punden Ketirtaan dan Punden Cabak untuk menghormati para luluhur bedah krawangan Desa Beji.
Antusiasme yang sangat besar telihat pada warga desa Beji, kecamatan Junrejo Kota Batu saat diadakannya acara Bersih Desa Beji yang berkumpul di halaman rumah Bapak Kepala Desa Beji menunggu kedatangan perangkat desa yang menjalankan ritual di dua punden, meski panas terik matahari semakin tinggi tidak mengurangi semangat warga untuk menunggu rangkaian acara berikutnya yaitu tradisi Jabutan.
Ritual selametan ini, merupakan serangkaian acara yang dimulai pada Minggu, 13 Agustus 2017 kemarin bertempat di Balai Desa Beji yang diawali dengan kegiatan khotmil Qur’an, Istighosah dan Gebyar Sholawat Nabi Muhammad SAW yang dihadiri tokoh masyarakat dan seluruh jama’ah sholawat Nabi Muhammad SAW se Desa Beji. Malam yang penuh hikmat itu berlangsung dengan lancar dan membuktikan satu hal yakni kebersamaan sangat kental di Desa Beji ini.
Kemudian Senin pagi acara dilanjutkan dengan kegiatan ritual adat langen beksan, tarian remo dan tayub serta doa-doa dari para sesepuh desa Beji yang dilaksanakan di Punden Beji. Selain itu, para warga dari setiap RW juga berkeliling membawa hasil panen mereka menuju rumah kepala desa Beji untuk dimakan bersama dan dilanjutkan penampilan kesenian berupa tarian tradisional dari sanggar seni yang ada di Desa Beji. Acara bersih desa ini, ditutup dengan kembalinya semua perangkat ke lokasi Tumpeng Jabutan dan dlaksanakan prosesi tradisi jabutan.

“Persiapan kali ini hanya dilakukan dalam waktu kurang dari dua minggu, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, acara kali ini terselenggara dengan sangat baik karena dukungan dan partisipasi semua lapisan masyarakat desa Beji”, ujar Mustari Janib selaku ketua panitia Bersih Desa Beji. Meriahnya agenda tahunan ini, membuat harus diturunkannya 55 personil Satgas Linmas Desa dan 35 orang panitia. 

Benny, KIM Planet

Komentar