KARAKTERISTIK DESA BEJI


                                     Karakteristik Desa Beji
Desa Beji adalah merupakan salah satu bagian desa di wilayah Kecamatan Junrejo yang mempunyai dataran tinggi dan terletak di kiri kanan jalan utama menuju Kota Batu setelah memasuki Desa Mojorejo sebelum Kelurahan Temas. Desa Beji dibagi menjadi 3 Dusun yaitu Dusun Krajan Sae, Dusun Karang Jambe dan Dusun Jambe Rejo. Masyarakatnya mempunyai mata pencaharian bertani dan beternak, ada pula masyarakat beji yang bermata pencaharian sebagai pengrajin tempe dan tahu, oleh karena itu untuk wilayah Malang raya khususnya tempe yang dihasilkan Desa Beji ini sangat terkenal. Dengan berjalannya waktu masyarakat Desa Beji mulai mengembangkan kerajinan Tempe dan Tahu menjadi aneka oleh-oleh kas Kota Batu berupa aneka kripik tempe dan keripik tahu.
Dengan berkembangnya pemerintahan di Kota Batu sesuai visi misi Walikota Batu  untuk membangun Kota Batu menjadi Kota sentra Wisata untuk mendatangkan wisatawan baik lokal maupun mancanegara, banyak investor-investor yang baik lokal maupun interlokal yang tertarik untuk melaksanakan kegiatan usaha di kota Batu. Salah satunya di Desa Beji telah didirikan beberapa Hotel dan Cottage antara lain Hotel Singhasari Resort bertaraf Bintang 5. serta cottage Kampung lumbung dan hotel Grawidya. Selain Hotel dan Cotage juga terdapat beberapa Rumah makan dan pusat oleh oleh yang berada di jalan protokol di Desa Beji diantaranya Rumah Makan Ria Djenaka, Rumah Makan Gadjah Lumping, Warung Wareg, Rmah Makan Sukaku Alami dan pusat oleh-oleh Harum Manis.
Selain itu di Desa Beji juga terdapat perguruan tinggi di Kota Batu yang bergerak di bidang keagamaan yaitu Sekolah Alkitab Batu (SAB).
Dalam perjalanan pemerintahan Kota Batu, guna mempermudah dan memperlancar kegiatan sehari-hari nama jalan protokol yang dulunya Jl. Raya Beji di ganti menjadi Jalan Ir. Soekarno.

           DATA BATAS WILAYAH
1.      Batas Wilayah
-      Utara            :    Desa Torongrejo
-      Timur            :    Desa Mojorejo
-      Selatan         :    Desa Junrejo dan Desa Tlekung
-      Barat            :    Kelurahan Temas dan Desa Oro-oro Ombo

2.      LUAS WILAYAH DAN JUMLAH KK DESA BEJI
-      Luas Wilayah Desa yaitu : 2,516 Km2
-      Jumlah KK : 2.394

3.      DATA ORBITRASE DESA BEJI
-      Jarak dengan Kecamatan                                    :    3  Km
-      Jarak dengan Pemerintah Kota Batu                      :    6  Km
-      Jarak dengan Provinsi Jawa Timur                        :    84  Km

Komentar